5 Landmark Menawan Wisata Dieng

1925 views

Wisata Dieng merupakan satu-satunya pesona alam sangat menawan yang berada di Wonosobo, Jateng. Letaknya ada 30 km dari sentral kota Wonosobo, terletak diantara perbatasan Kab. Banjarnegara dan Kab. Wonosobo, obyek wisata Dieng dijuluki juga sebagai tempat bersemayam para dewa dewi.

Julukan Dieng bersumber dari bahasa Sansekerta, yakni  “Di” artinya tempat tinggi dan “Hyang” yang maknanya tempat para dewa-dewi.

Orang lokal menyebut obyek wisata di Wonosobo ini menjadi sebuah kawasan yang sangat indah dengan karakteristik atau keunikan suasana spritual yang erat.

Di obyek wisata Dieng, ada banyak candi kuno dan ukurannya kecil, seluruhnya terhampar di dataran tinggi dari gunung api tersebut. Candi-candi itu bercorak Hindu, mempunyai arsitektur unik dan menarik.

Dataran tinggi Dieng terhampar di atas 2.093 mdpl, menjadikannya mengandung udara sejuk dengan selimut kabut tebal yang menutupinya. Suhu udara disana rata-rata ialah 15 celcius S.d 20 celcius. Panorama menarik yang menakjubkan inilah yang menjadikan Dataran Tinggi Dieng dipercaya sebagian golongan sebagai kawasan bersemayam dewa-dewi.

Dataran Tinggi Dieng mengantongi beberapa pesona wisata yang menakjubkan, ada tidak sedikit obyek menarik yang boleh Kalian nikmati di sana. Tetapi, di antara seluruhnya itu, berikut ini merupakan beberapa landmark wisata Dieng sangat menawan yang layak Kalian ketahui.

Candi di Dataran Tinggi Dieng

Di Dataran Tinggi Dieng, candi-candi Hindu tersebar dan dinamakan relevant dengan nama tokoh-tokoh didalam babad Mahabharata. Ada Candi Bima, Gatot Kaca, dan masih banyak lagi.

Gaya arsitek candi mengambil bangunan candi yang terdapat di India. Hal ini bisa tampak dari arca-arca yang mengelilingi sisi bangunan candi, diantaranya Mahakala, Ganesa, Agastya, dan 2 lagi. Dua bangunan candi yang bisa dibandingkan ialah Candi Arjuna yang persis seperti Candi Bhintargaon di India dan Candi Semar yang identik dengan Candi Parasurameswara.

Bukit Sikunir Dieng

Di bukit inilah panorama sunrise sangat memikat bisa Kalian temui di obyek wisata Dieng. Bukit Sikunir ada di ketinggian 2.200 mdpl, letaknya ada di arah selatan dari kawasan Dieng, dari sisi administratif terletak di Desa Sembungan, satu desa yang terletak di permukaan tertinggi dari seluruh Kepulauan Jawa.

Pesona warna jingga dari matahari terbit di kawasan ini cukup indah. Warna jingga tersebut sebagaimana warna kunyit hingga membuat masyarakat lokal memberikan nama bukit itu dengan sikunir, bersumber dari bahasa Jawa yakni kunir, yang berarti kunyit.

Telaga Warna Dieng

Di obyek wisata Dieng, ada suatu telaga yang menyajikan peristiwa alam yang terlampau indah, yaitu pergantian warna air dari telaga itu. Inilah Telaga Warna Dieng, suatu landmark menawan yang bisa Kalian temui di Kabupaten Wonosobo. Kalian dapat berjalan diatas tepian telaga ini, pun terdapat balkon kecil sebagai area duduk bersantai memandangi keindahan alam yang berada di sana.

Jika Kalian tertarik menikmati keindahan Telaga Warna Dieng dengan utuh, Kalian bisa mendaki ke puncak bukit yang memagari telaga itu. Dari ketinggian tersebut, Kalian akan menemukan keindahan telaga dengan warna yang sangat menawan hati, dengan susunan warna yang menawan.

Air di telaga ini kadang-kadang berwarna hijau, kuning, dan berwarna warni layaknya pelangi. Hal ini  terwujud lantaran di dalam air itu memiliki kandungan sulfur lumayan besar hingga saat sinar matahari menyinarinya, maka warna air telaga tampak berwarna warni. Di bagian tengah-tengah telaga ini, Kalian dapat melihat letupan air mendidih seperti yang berada di Kawah Putih Ciwidey.

Telaga Cebong Dieng

Inilah telaga di atas awan, suatu telaga yang ada atas ketinggian 2.300 mdpl, berada di Desa Sembungan. Telaga Cebong merupakan harmoni alam yang eksotis yang bisa Kalian temui di obyek wisata Dieng. Kalian bahkan bisa berkemah di kawasan telaga ini.

Warna langit biru berpadu dengan hijaunya bebukitan yang memantul di permukaan telaga nan tenang serta jernih. Di tempat ini, Kalian akan menikmati keeksotisan alam yang sangat menawan dan hawa pegunungan yang segar. Menggunakan perahu dan berkeliling telaga ini merupakan cara terbaik tuk merasakan pesona alam yang dimiliki telaga di atas awan. Pernahkah Kalian membayangkan naik perahu di atas gunung?

Air di telaga ini tak bercampur pada belerang, oleh karena itu warnanya jernih. Punya kedalaman 2 m hingga 4 m, Kalian bahkan bisa mancing di Telaga Cebong ini. Pada normalnya, para penikmat traveling yang berwisata ke obyek wisata Dieng lebih dulu menikmati sunrise di balik Bukit Sikunir Dieng menjelang mampir ke Telaga Cebong.

Sumur Jalatunda

Berada di arah barat dari obyek wisata Dieng, lebih tepatnya berlokasi di Desa Wisata Pekasiran. Sumur Jalatunda mempunyai beberapa versi kisah asal muasal sumurnya. Menurut perkiraan ilmiah, sumur warnanya hijau pekat dengan diameter sekitar 90 m ini merupakan sebuah kepundan yang berasal akibat meletusnya gunung api. Sedangkan, ada mitos yang mengatakan bahwa dulunya ada seorang putri cantik jelita yang senang memakai pakaian serba putih, tetapi berperangai jahat. Putri cantik ini kerap meminta tumbal pada masyarakat sekitar tuk dikorbankan dan ditenggelamkan di sumur itu.

Tuk bisa tiba di sumur ini, Kalian harus meniti 255 anak tangga. Ketika sampai di anak tangga terakhir, Kalian akan mencermati tumpukan batu kerikil yang terhampar berlapis karung beras. Berdasarkan keyakinan warga lokal, mereka yang sanggup melempar batu kerikil ke sumur sejauh jarak tersendiri bakal mendapatkan keberuntungan dan harapan terkabul. Itulah lantaran batu kerikil di tempat tersebut menambahkan keunikan dan jadi magnet bagi para wisatawan tuk mengunjunginya.

Tetapi, batu yang dipergunakan tuk melempar keberuntungan ialah batu yang harus dibeli dari anak kecil Dieng di lokasi sumur tersebut, ialah batu kerikil beralas karung seadanya di ujung anak tangga. Kalian hanya harus memberikan Rp 500 tuk batu kerikil itu.

Transportasi ke Wisata Dieng

Cara terpasti tuk dapat tiba di obyek wisata Dieng adalah dari kota Wonosobo, Banjarnegara, ataupun dari Pekalongan. Apabila Kalian ingin berkunjung ke obyek wisata Wonosobo sangat terkemuka ini, Kalian dapat memilih sebagian rute transportasi di bawah ini yang cukup cocok untuk Kalian.

Jogja – Wisata Dieng

Jurusan ialah Jogja > Sleman > Muntilan > Wonosobo > Dieng

Perjalanan jauhnya hingga 120 km, masa tempuh 3 jam 30 menit dengan kendaraan pribadi.

Magelang – Wisata Dieng

Jurusan ialah Magelang > Secang > Parakan > Wonosobo > Dieng

Perjalanan jauhnya hingga 65 km, saat tempuh 2 jam lamanya.

Solo – Wisata Dieng

Jurusan ialah Solo > Kartasura > Boyolali > Salatiga > Secang > Parakan > Wonosobo > Dieng

Perjalanan jauhnya hingga 180 km, masa tempuh 6 jam.

Semarang – Wisata Dieng

Jurusan ialah Semarang >   Unggaran > Ambarawa > Secang > Parakan > Wonosobo > Dieng

Perjalanan jauhnay hingga 120 km, masa tempuh 3 jam 30 menit.

Tags: #tempat hiburan di pantai indah kapuk #tempat wisata di daerah pantai indah kapuk #tempat wisata di indonesia timur #tempat wisata di indonesia yang terkenal didunia #tempat wisata murah meriah di indonesia #tempat wisata pantai bandar lampung #tempat wisata pantai terbaik di jawa barat #wisata mangrove pantai indah kapuk #wisata pantai utara di jawa barat

Leave a reply "5 Landmark Menawan Wisata Dieng"

Author: