6 Oleh-Oleh Favorit Khas Jogja

2132 views

Oleh-oleh merupakan sesuatu yang lumrah dibawa oleh mereka yang baru mengadakan trip wisata. Ada juga aneka oleh-oleh khas Jogja, bisa ditemui dengan mudahnya di sana. Akses paling sederhana ialah dengan datang ke pusat oleh-oleh Jogja. Tetapi, tak semua bisa Kalian temukan didalam satu lokasi.

Sejumlah makanan yang jadi oleh-oleh khas Jogja ialah Yangko dan Bakpia.

Makanan ini seolah olah sudah menjadi bagian dari wisata Jogja, ditandai dengan hampir tiap orang yang mengerjakan wisata Jogja pasti membawa oleh-oleh ini menjadi buah tangan tuk keluarga atau sahabat.

Beberapa yang lain yang jadi favorit seperti kain batik dan kaos Dagadu. Siapa yang tidak kenal brand Dagadu? Suatu karya lokal ori yang sudah lama jadi salah satu identitas pariwisata di Jogjakarta.

Berikut adalah buah tangan khas Jogja yang bisa Kalian bawa pulang menjadi oleh-oleh bagi sahabat dan keluarga.

Bakpia Pathok

Bakpia ini asalnya dari wilayah Pathuk, Jogja. Rupanya bulat kecil-kecil dengan berbagai rasa. Di awalnya, bakpia pathok berisi dan terdapat rasa kacang hijau. Tetapi, saat ini Kalian dapat menjumpai olahan makanan oleh-oleh khas Jogja ini kedalam beraneka warna bakpia dan bermacam-macam jenis rasa lezat.

Mendapatkan makanan khas Jogja ini tidak sulit, Kalian bisa pergi ke Jl. Glahahsari dan mampir ke Bakpia Kurnia Sari tuk membeli oleh-oleh Jogja yang populer ini. Bakpia Pathok tersedia rasa kumbu hitam, kacang hijau, coklat, susu, keju, sampai kopi. Bakpia dijual didalam harga Rp 28.000 hingga Rp 38.000 per box.

Jika Kalian pernah mencoba kuliner Malang, so Pia Mangkok di Malang punya kemiripan dengan Bakpia Pathok Jogja.

Yangko

Oleh-oleh khas Jogja yang ini dibuat dari tepung ketan. Rupanya kotak imut. Makanan khas Kotagede di Jogja itu dapat Kalian temukan dengan gampang, sebab hampir di semua pusat oleh-oleh Jogja menawarkan oleh-oleh Yangko.

Kue Yangko dibuat dari tepung ketan menjadi bahan utamanya. Ketika dimakan, pasti terasa lembut, agak kenyal di lidah, dan punya rasa yang manis.

Kawasan terbaik mencari Yangko ialah di kawasan Kotagede, karena dari sinilah oleh-oleh Jogja didalam citarasa yang tulen bermula. Berangkatlah ke Jl. Pramuka, Kalian dapat menemukan Yangko Pak Prapto di situ.

Ada pula Yangko Bu Nining yang berada di Jl. Menteri Supeno. Jika Kalian tak sempat main ke Kotagede, Kalian pun dapat menemukan olahan kuliner khas Jogja ini di Jl. Gajah Mada. Kue Yangko dijual didalam harga yang variatif, dari Rp 8.000 hingga Rp 10.000 per box.

Geplak

Geplak merupakan makanan yang dibuat dari nyiur, gula, dan tepung ketan. Camilan ini merupakan makanan khas Bantul, kabupaten di Jogja yang disebut pula menjadi Kota Geplak. Keunikan makanan khas Jogja ini ialah memiliki rasa yang manis, begitu juga dengan Geplak. Cara berkelas menyantap Geplak yakni saat masih hangat.

Kala ini, Kalian dapat menemukan oleh-oleh khas Jogja ini didalam berbagai warna, dari durian, kelapa, hingga jeruk. Di awalnya, Geplak dibuat memakai gula tebu dan diberi warna putih kelabu. Atau, apabila memakai gula kelapa pasti memberi warna Geplak yang sedikit kecoklatan. Oleh-oleh Jogja ini amat mudah dijumpai di berbagai pusat penjualan oleh-oleh khas Jogja.

Di Bantul, Kalian bisa menemukan Geplak di sebuah toko yang merupakan juga produsen dinamai toko Geplak Jago. Letaknya di Jl. Wachid Hasyim, Bantul. Di pinggir jalan ini, ada pula toko Geplak Mbok Tumpuk. Pada normalnya, Geplak dijual didalam harga Rp 16.000 per kg. Namun tentu saja harga tentu bergerak naik saat musim libur.

Kain Batik

Satu dari sekian banyak tempat mendapatkan batik Jogja ialah di Pasar Beringharjo. Koleksi kain batik di market ini yang begitu lengkap, mulai dari kain sebagai rok batik sampai kaos barongada. Pasar yang tidak pernah sepi ini didiami sekitar 7 ribu penjual batik.

Posisi pasar yang berada di ujung bagian selatan Jl. Malioboro menjadikan Pasar Beringharjo jadi tempat favorit tuk mendapat oleh-oleh khas Yogyakarta. Sebenarnya tak hanya batik, di pasar ini pun terdapat beraneka barang-barang istimewa dan unik yang bisa Kalian beli. Kalian hanya perlu mengelilinginya saja.

Jika Kalian ingin beli batik, Kalian harus mengeluarkan keahlian menawar harga tuk mendapat batik yang disukai dengan harga terjangkau. Namun secara umum, harga batik yang ditawarkan di pasar lumayan murah.

Kaos Dagadu

Dagadu adalah brand kaos yang sudah menjadi bagian identitas dari wisata Jogja. Sekarang ini, Kalian bisa menjumpai kaos Dagadu di tidak sedikit tempat, baik di pasar dan pinggir jalan.

Tapi, toko utama Dagadu bisa Kalian temukan di Unit Gawat Dagadu (UGD) yang letaknya di Jl. Pakuningratan. Di situlah tempat berbagai kaos dagadu didalam varian kreatif tercipta dan jadi bagian oleh-oleh khas Jogja yang memikat hati.

Cokelat Monggo

Ini merupakan cokelat dari Jogja, diracik oleh sesosok pria dari Belgia dikenal dengan Thiery Detournay. Coklat itu punya cita rasa yang besar dan menarik, seperti layaknya cokelat khas Belgia. Cokelat Monggo ada stok didalam berbagai rasa yang lezat, dari Praline, Dark, hingga Red Chili. Setiap varian produk Coklat Monggo ini dibuat memakai biji coklat asli Indonesia.

Kalian bisa pergi ke showroom & factory yang mana cokelat ini dikelola di daerah Kotagede, disana tentunya Kalian dapat membelinya walau saat ini Cokelat Monggo gampang dijumpai di sejumlah tempat oleh-oleh di Jogjakarta.

Sekarang ini, Cokelat Monggo sudah berkembang dengan hampir 150 staff yang beredar di banyak kantor di Jakarta, dan Surabaya. Walau demikian, produksi utama cokelat masih berada di Kotagede, Jogjakarta.

Tags: #10 tempat wisata terkenal di indonesia #harga hotel wisata pantai galesong #objek wisata indonesia yg terkenal di dunia #tempat tujuan wisata terbaik di indonesia #tempat wisata pantai di jakarta barat #tiga tempat wisata yang paling terkenal di indonesia #wisata pantai baru di malang #wisata pantai di malang dan sekitarnya

Leave a reply "6 Oleh-Oleh Favorit Khas Jogja"

Author: