Air Terjun Madakaripura – Jawa Timur

2038 views

Air Terjun Madakaripura di Jatim memberikan Kalian suguhan kreasi alam spektakuler dengan air yang turun dari ketinggian laksana menciptakan tirai yang di protek tebing kokoh dan besar. Madakaripura, begitu nama air terjun ini, merupakan air terjun yang paling tinggi kedua di Indonesia setelah urutan dari Air Terjun Sigura-Gura di Sumut. Pula, adalah tempat meditasi akhir sang legenda, Mahapatih Gadjah Mada.

Air terjun Jatim yang satu ini dinamakan dengan “air terjun abadi” karena curahan air tidak pernah terhenti mengalir. Air Terjun Madakaripura tetap termasuk didalam kawasan Taman Nasional Bromo – Semeru. Dari sisi administratif, lokasi air terjun ada didalam wilayah Desa Sapih, Kec. Lumbang, Kab. Probolinggo.

Adanya air terjun tergolong lumayan dekat dari Gunung Bromo. Dengan begitu, Kamu yang melakukan pendakian ke Gunung Bromo bisa menyempatkan diri berkunjung untuk melihat pesonanya. Letak Air Terjun Madakaripura ada di kaki salah satu tebing di Pegunungan Tengger. Air terjun tersebut ada didalam ceruk dan dikelillingi bukit.

Air Terjun Madakaripura

Kalian perlu melalui jalan berbatu dan menyeberangi sungai tuk mencapai gerbang masuk ke air terjun. Selama perjalanan, panorama hijau bisa terlihat dari dinding-dinding tebing-tebing di samping jalan. Perjalanan ke area Air Terjun Madakaripura pasti memakan waktu kira-kira 20 menit dengan jalan kaki. Disarankan tak membawa bobot berat supaya tidak segera lelah. Umumnya, ada jasa tour guide perjalanan yang akan menghantarkan Kalian menuju lokasi air terjun.

Jalan ke Air Terjun Madakaripura

Makin dekat dengan lokasi air terjun, debur gemuruh air makin keras terdengar. Bila tak ingin kebasahan, Kalian perlu agak waspada ketika melintasi dinding tebing-tebing sebab biasanya ada curahan air yang turun dari atas.

Pakai payung atau memadai mantel hujan merupakan cara terbaik supaya tak basah. Kalian bisa menjumpai banyak sekali penjual kantong plastik dan sewa payung hingga perangkat elektronik semacam handphone dan kamera bisa terlindungi.

Kalian pun sangat disarankan tuk memakai sandal gunung ataupun sepatu yang tahan air. Tanah dan batu-batuan basah memungkinkan jalanan jadi licin. Pula terdapat genangan air yang jelas saja akan menjadikan perjalanan Kalian terasa tidak nyaman bila bersepatu biasa.

Hal Menarik di Air Terjun Madakaripura

Berdasarkan kitab Negarakertagama, wilayah Madakaripura merupakan pemberian dari Raja Hayam Wuruk untuk Mahapatih Gadjah Mada. Ketika Kalian masuk kedalam lokasi air terjun, terpampang patung mahapatih yang legendaris dari Kerajaan Majapahit itu.

Kearifan lokal di sana mengatakan bahwa Gadjah Mada membuat Air Terjun Madakaripura untuk tempat meditasi terakhir. Berdasarkan penuturan keyakinan Jawa kuno, di situlah Gadjah Mada menduduki moksa, yakni menghilang dari muka bumi dari sisi fisik dan spiritual. Tak heran bila masih banyak wisatawan datang ke lokasi air terjun ini tuk bermeditasi ataupun bertirakat, terutama di malam tanggal 1 Syuro atau malam tahun baru dalam penanggalan Jawa.

Patung Gadjah Mada di Madakaripura

Sejauh hati merasa horizon di sana, Air Terjun Madakaripura bagaikan tersimpan didalam kendi kokoh dengan tinggi 200 m. Keadaan alami dan sejuk beserta lumut-lumut basah yang ada di dinding lembab menghantarkan sebuah kesan mistis, khususnya bagi mereka yang tahu background air terjun ini.

Menyaksikan keindahan pemandangan serta mengabadikan momen merupakan cara terbaik tuk memandangi pesona Air Terjun Madakaripura. Air terjun yang berturut-turut menyalurkan curah air bepadu indah bersama lumut berkilau lantaran terkena sinar matahari. Semasa Kalian menengadahkan kepala ke langit, Kalian bisa meresapi pesona indah yang dimiliki olehnya.

Horizon hijau dari Air Terjun Madakaripura

Bermain air di kawasan curahan air terjun itu merupakan aktivitas lain yang paling oke dilakukan para pecinta perjalanan di obyek wisata Air Terjun Madakaripura. Kalian bisa merasakan fresh dan dinginnya air yang memang menyegarkan tubuh dan terutama kepala kalian.

Jangan lupa pula bawa bekal makanan kala berada di kawasan air terjun. Kalian bisa menjumpai dengan gampang orang yang berdagang kuliner di sekitar lokasi Air Terjun Madakaripura.

Rute Perjalanan ke Air Terjun Madakaripura

Perjalanan ke Air Terjun Madakaripura bisa ditempuh lewat jalur Surabaya. Tapi agar lebih mudah, Kalian sebaiknya sewa mobil di Surabaya atau Malang. Jika tak ingin repot, Kalian bisa ambil paket wisata ke Gunung Bromo yang pun menambahkan destinasi Air Terjun Madakaripura.

Travel dari kota Surabaya ke Probolinggo membutuhkan waktu perjalanan selama 3 jam, Kalian bakal melewati jalur Sidoarjo – Probolinggo.

Setibanya di Probolinggo, Kalian dapat melangsungkan perjalanan ke suatu daerah dikenal dengan Tongas. Di sana, Kalian akan menemui sebuah pertigaan dengan petunjuk tugu kecil di tengah-tengah. Ada penunjuk ke arah lokasi Air Terjun Madakaripura. Dari sana, perjalanan terbilang akan selama kurang lebih 30 menit menjelang penunjuk arah selanjutnya terlihat. Kalian hanya perlu mengikuti penunjuk arah tersebut untuk bisa sampai di lokasi.

Tags: #7 tempat wisata terpopuler di indonesia #objek wisata di indonesia timur #paket wisata indonesia murah 2016 #tempat wisata di indonesia paling populer #tempat wisata pantai di jawa barat #wisata alam murah meriah bandung #wisata di daerah pantai indah kapuk #wisata indonesia #wisata pantai indah di indonesia #wisata pantai terindah indonesia

Leave a reply "Air Terjun Madakaripura – Jawa Timur"

Author: