Arung Jeram Sungai Ciberang Banten

2045 views

Tahukah kalian bahwa di Banten ada banyak sekali obyek wisata? Mulai dari wisata alam sebagaimana pantai dan danau sampai wisata religi. Satu dari sekian banyak yang tak terlalu riang ialah wisata rafting di sungai Ciberang.

Ketenarannya mungkin kalah dengan wisata di pantai Carita, Anyer, dan Tanjung Lesung yang tidak sedikit dikunjungi pengunjung lokal ataupun dari luar kota. Atau dari pantai di desa Sawarna yang tersohor indah dan sekarang banyak diperbincangkan di linimasa karena keindahannya itu.

Tapi walau begitu, wisata ini tak berarti sepi para peminatnya. Masih banyak wisatawan yang berkunjung kesini tuk merasakan keindahan wisata alam di sungai Ciberang. Pastinya tak hanya sekedar wisata alam. Kalian bisa menikmati alamnya yang alami sekaligus memacu adrenalin dengan rafting menjelajahi sungai Ciberang.

Wahana arung jeram alias rafting saat ini tak lagi susah ditemui di banyak sekali sarana rekreasi kota-kota besar dengan tersedianya wahana arung jeram pabrikan. Tetapi apabila kalian ingin menikmati sensasi arung jeram sembari menikmati alam sekeliling yang masih ori, arung jeram di sungai Ciberang lah pilihan tepat untuk kalian semua.

Sungai Ciberang letaknya ada di kampung Muhara, kab. Lebak, prov. Banten. Posisinya yang cukup ke pedalaman Banten menjadikan alam sekitarnya terawat dan masih alami .

Sungai yang berada di kampung Muhara ini kerap disebut dengan sungai Ciberang. Disini menyediakan sejumlah jalur pengarungan baik bagi amatir yang hanya sepanjang 700 m atau bagi kalian yang ingin memacu adrenalin maksimal ditawarkan jalur sepanjang 24 km yang bisa ditempuh dalam kurun waktu 5 jam.

Ada belasan jeram yang berlokasi di sungai Ciberang dan tiap-tiap jeram memiliki karakteristiknya tersendiri. Selama menjelajahi sungai Ciberang kalian akan dimanjakan panorama hijaunya pohon-pohon Taman Nasional Gunung Halimun. Panorama alami ini jadi salah satu daya pikat arung jeram di Sungai Ciberang. Belum lagi waktu luang menyaksikan berbagai aktivitas warga setiap kali melewati perkampungan.

Kalian tidak bisa renang? Jangan khawatir, mengingat bisa berenang bukanlah syarat tuk bermain arung jeram. Cukup mengikuti prosedur keamanan dari tour guide yang profesional maka kalian siap mengarungi sungai.

Rafting alias arung jeram di sungai Ciberang ini dimanage oleh Banten Rafting Ciberang biasa disebut BRC dimana operator dan pemandunya ialah pihak profesional yang telah berpengalaman didalam dunia rafting. Jadi tak usah bimbang dan takut akan keamanannya. Walau begitu kalian harus tetap waspada khususnya untuk amatir yang baru pertama kali mengikuti arung jeram.

Tuk paket wisata arung jeram, pihak BRC juga menyediakan paket. Yang setiap paketnya tidak sama tingkat kesulitan dan jaraknya. Mulai dari paket 700 m yang bisa ditempuh dengan kurun waktu 20 menit sampai paket yang memiliki jarak 24 Km yang bisa ditempuh dalam kurun waktu 5 jam.

Harga yang disediakan pun bervariatif. Mulai Rp 55.000 sampai Rp 360.000 per orang. Ada juga paket komplit yang bertarif Rp 220.000 per orang, dimana kalian akan mempunyai kesempatan mengarungi rute yang panjangnya 11 Km ditambah dengan welcome drink, dan lunch. Setiap kapal dapat ditampung minimal 3 orang dan max 5 orang.

Jika kalian ingin menjangkau sungai Ciberang tuk wisata alam dan memacu adrenalin, terdapat 2 jalur yang bisa ditempuh bila kalian dari Jakarta. Jika dari Jakarta kalian bisa menempuh rute Tigaraksa – Jasinga – Cipanas – Muhara.

Jika kalian dari Bogor lewat Leuwiliang – Jasinga – Cipanas – Muhara. Trip akan membutuhkan waktu kira-kira 3 jam. Wisata rafting di sungai Ciberang adalah pilihan tepat tuk kalian yang ingin wisata alam sekaligus memacu adrenalin.

Tags: #10 objek wisata yang terkenal di indonesia #10 tempat wisata terbaik di indonesia #destinasi wisata terkenal di indonesia #paket tour indonesia timur #paket wisata pantai anyer dari bandung #tarif wisata pantai bintang galesong #tempat wisata di indonesia yang paling terkenal di dunia #wisata indonesia murah meriah #wisata pantai indah di jawa barat

Leave a reply "Arung Jeram Sungai Ciberang Banten"

Author: