Dusun Bambu – Wisata Lembang Bandung

20084 views

Tidak cuma Floating Market dengan karakteristik uniknya, ada lagi obyek wisata di Lembang yang pantak untuk Kalian kunjungi, yaitu Dusun Bambu Lembang dengan karakteristik suasana eksotis pedesaan yang sungguh alami.

Dusun Bambu Lembang berada tepat di bawah kaki Gunung Burangrang. Obyek wisata ini mempunyai beberapa fasilitas wisata alam yang begitu baik, diantaranya ada villa, resto, dan Pasar Khatulistiwa.

Aneka aktivitas mengasyikan dapat Kalian lakukan di sini, seperti bersepeda sembari merasakan sejuknya udara dari lereng pegunungan. Tidak hanya bersepeda, Kalian pun bisa berkemah bersama-sama sahabat dan keluarga, juga melakukan beraneka aktivitas yang terdapat di luar ruangan menarik lainnya.

Untuk bisa masuk, Kalian harus bayar harga karcis masuk Dusun Bambu Lembang senilai Rp 15.000 per orang, ini tidak termasuk tarif retribusi alias parkir.

Resto & Cafe Dusun Bambu Lembang

Walaupun pengelolaan Dusun Bambu Lembang memainkan tema back to nature dengan mengutamakan ragam keeksotisan alam yang natural, tapi fasilitas wisata modern semacam villa, resto, dan cafe disediakan dengan baik. Resto di sana menyuguhkan Kalian dengan suguhan makanan khas Lembang, serta makanan-makanan tradisional dari luar wilayah.

Disamping itu, tersedia juga menu-menu kuliner khas luar negeri, misalnya spaghetti, pizza, steak, dan lainnya. Ada juga resto dan cafe yang disediakan di obyek wisata Dusun Bambu Lembang itu, diantaranya ialah Purbasari Restaurant, Burangrang Restaurant & Cafe, dan Rumah Makan Lutung Kasarung.

Ada 1 keunikan bila Kalian singgah ke Rumah Makan Lutung Kasarung, yaitu tampilan café yang amat unik dengan konsep sebagaimana bergelantungan di pepohonan. Lain halnya pada Purbasari Restaurant, di sana Kalian dapat mendapatkan sajian tradisional khas Sunda dengan gaya lesehan yang lengkap dengan beberapa gazebo dari bambu.

Sedangkan di Burangrang Restaurant & Cafe, di sediakan hidangan kuliner dari bermacam-macam daerah. Tidak cuma keberadaan resto dan cafe di obyek wisata Dusun Bambu Lembang, ada beberapapasar yang diberi nama Pasar Khatulistiwa. Di pasar tersebut Kalian bisa membeli bermacam-macam jenis sayuran, buah segar, sampai souvenir khas Sunda.

Dari antara konstruksi resto, cafe, dan villa yang terdapat di Dusun Bambu Lembang, Kalian bisa menyaksikan bahwa konstruksi yang paling dominan dan satu-satunya yang terfavorit ialah Burangrang cafe.

Burangrang cafe tergolong paling modern seperti layaknya cafe-cafe yang mungkin Kalian jumpai di lokasi Dago Pakar Bandung. Lokasinya yang agak berada di ketinggian memungkinkan para pengunjung makin betah di lokasi ini. Tidak cuma bersantap, Kalian juga bisa sekaligus memandangi panorama alam di sekeliling kawasan Dusun Bambu Lembang.

Kalian tidak perlu khawatir apabila tak mendapatkan tempat lantaran area Burangrang cafe itu terbilang cukup luas dengan kuota hingga lebih dari 600 pengunjung. Di cafe ini Kalian bisa mencoba sejumlah menu unik, misalnya Nasi Bakar Kelapa Muda, Ayam Bakar Bambu Betutu, Cumi Ala Dusun Bambu, atau Bebek Bakar Bambu Betutu.

Kemudian, Rumah Makan Lutung Kasarung pada normalnya lebih diminati oleh kalangan anak muda. Hal ini cukup beralasan lantaran konsep desain cafe itu yang unik, mirip sangkar burung yang menggelantung di atas pohon.

Villa Dusun Bambu Lembang

Jika Kalian ingin bermalam di wilayah Dusun Bambu Lembang, ada beberapa villa yang siap menyediakan keadaan menginap yang berkesan selama berwisata di sana. Satu dari sekian banyak villa yang sangat populer ialah Kampung Layung, yaitu sebuah penginapan dengan konsep cottage bernuansa kayu-kayuan.

Villa Kampung Layung disediakan dalam opsi villa 1 kamar dan villa 2 kamar. Tuk biaya, tarif villa ini sekitar Rp 2,25 juta sampai Rp 3,25 juta per malamnya saat weekdays. Harganya jadi naik tatkala akhir pekan, yaitu menjadi Rp 2,85 juta sampai Rp 3,85 juta per malam.

Barangkali harga penyewaan villa di Kampung Layung Dusun Bambu Lembang itu tergolong mahal. Tapi sepertinya rate itu berbanding lurus dengan fasilitas yang tersedia, semacam room service, peralatan mandi, TV kabel, WiFi, BBQ, dan peralatan dapur yang komplit.

Jika Kalian beranggapan harga itu terlalu mahal, jangan risau sebab Kalian masih dapat mencari villa lainnya yang tidak sedikit tersebar di sekeliling Dusun Bambu Lembang. Jelas saja dengan biaya yang beraneka ragam, mulai dari yang hanya ratusan ribu sampai jutaan rupiah per malam.

Beberapa villa di dekat Dusun Bambu Lembang, diantaranya ialah Villa Istana Bunga.

Rute Perjalanan ke Dusun Bambu Lembang

Jika Kalian pergi dari Jakarta naik kendaraan pribadi, maka jalan ke Dusun Bambu Lembang bisa ditempuh via tol Pasteur dan tol Padalarang. Dengan begitu, maka pilihan-pilihan rute yang pasti dilalui ialah sebagai berikut:

1. Tol Pasteur > Ledeng > Lembang > Jalan Koloner Masturi

2. Tol Pasteur > Ledeng > Jalan Sersan Sodik > Jalan Koloner Masturi

3. Tol Padalarang > Cimahi > Jalan Kolonel Maturi

Tags: #alamat wisata pantai bintang galesong #tempat wisata di indonesia paling terkenal #tempat wisata pantai terbaik di jogja #tujuan wisata indonesia terbaik #wisata pantai di jakarta barat #wisata pantai indah di malang #wisata pantai terbaru malang

Leave a reply "Dusun Bambu – Wisata Lembang Bandung"

Author: