Floating Market – Wisata Unik Lembang Bandung

3316 views

Di Lembang Bandung, ada sebuah tujuan berlibur yang unik. Floating Market Lembang, begitu nama obyek wisata ini, mempunyai karakteristik unik yang kira-kira sama dengan apa yang terdapat di Banjarmasin dengan pasar apungnya.

Bahkan Floating Market Lembang dikatakan jauh lebih istimewa sebab tidak cuma pasar terapung yang unik, pun terdapat titik-titik aktivitas wisata menarik lainnya yang disayangkan bila dilewati begitu saja.

Daerah Jawa Barat sungguh kaya akan wisata alamnya. Tempat-tempat istimewa mulai dari Ciwalk Bandung, KRB, hingga Ciwidey merupakan sebagian kecil dari beraneka obyek wisata di provinsi ujung barat Kepulauan Jawa ini.

Floating Market Lembang memakai konsep mirip pasar terapung di Banjarmasin menonjolkan keindahan wisata alam bersamaan dengan wisata kuliner dengan sajian menu bercita rasa tinggi. Seluruhnya berbalut dalam konsep pasar terapung yang unik.

Area Floating Market ini dibuka semenjak Desember 2012. Tidak butuh waktu lama untuk salah satu obyek wisata Lembang ini tuk menarik perhatian para pecinta travel. Hanya kurun waktu tidak lebih dari 3 tahun, Floating Market Lembang Bandung sudah populer di Nusantara bahkan sampai ke mancanegara. Hal ini dirujukan dari data statistik kedatangan wisatawan yang makin mengalami grafik kenaikan tiap tahunnya.

Keunikan khas dari Floating Market Lembang yang dipadu dengan berbagai fasilitas dan fasilitas modern menarik ialah argumen utama dibelakang jumlah kunjungan wisatawan yang senantiasa ramai mengunjunginya.

Untuk bisa masuk ke obyek wisata itu, Kalian hanya perlu membayar harga karcis masuk terbilang murah, cukup dengan mengeluarkan Rp 10.000 per orang. Ini tidak termasuk tarif parkir senilai Rp 5.000. Tapi ada yang unik, tiket parkir mobil bisa Kalian tukarkan dengan lemon tea, choco latte, maupun coffe latte.

Aneka Wahana di Floating Market Lembang

Dari sisi prioritas, Floating Market Lembang Bandung menyediakan 3 konsep utama, yakni area bermain, edukasi, dan kuliner. Jelas saja dengan konsep terbuka seperti sejumlah obyek wisata Bandung lainnya.

Walaupun memakai konsep utama Floating Market, tetapi Kalian masih dapat menjumpai wahana lain yang tidak kalah menarik, katakan saja Taman Kelinci dan Taman Angsa sebuah tempat yang mana secara langsung Kalian dapat memperkenalkan satwa pada anak-anak.

Menariknya, di Taman kelinci itu Kalian bahkan bisa memberi makan kelinci-kelinci, memang sengaja dibiarkan berkeliaran dengan leluasa.

Tidak cuma Taman Kelinci dan Taman Angsa, di obyek wisata Floating Market Lembang ini Kalian pun dapat melihat keunikan Kampung Leuit dengan khas nuansa pedesaan natural, misalnya hamparan persawahan, perkebunan buah, dan tanaman sayur organik. Di kebun ini, Kalian dapat memetik buah sesuka hati dan menikmatinya langsung di tempat.

Kebun sayur organik

Disamping Kampung Leuit dengan ciri khas langit-langit ijuk lengkap dengan hijaunya sawah, bagi Kalian yang memiliki hobi mancing juga disediakan arena memancing belut.

Kuliner dan Cinderamata di Floating Market Lembang

Floating Market Lembang pun menyuguhkan suguhan menu kuliner lokal. Berbagai aneka kuliner, misalnya Siomay, Martabak Mini, Seblak, Duren Bakar, Tahu Lembang, sampai Ketan Bakar ada stok lengkap di sana.

Tidak lupa makanan kategori “berat”, semacam Ikan Bakar, Sate, Soto, Ikan Goreng,

dan makanan-makanan pengenyang perut lainnya juga cukup Kalian pilih. Disamping itu, Kalian akan dengan cepat menjumpai kuliner khas Bandung dan kuliner khas daerah lain di nusantara.

Jika Kalian dari luar kota Bandung, Kalian bisa berburu buah tangan khas Bandung di wilayah Floating Market Lembang ini, seperti jajanan dan aneka merchandise.

Jika Kalian ingin mengitari danau yang berada di sana, cukup dengan menyewa perahu sebesar Rp 1.000 Kalian sudah bisa menikmati sensasi melewati air danau.

Ada suatu hal yang tidak kalah unik di Floating Market ini, yakni Kalian harus menukar uang dengan koin apabila ingin berbelanja di sana. Uang yang bisa ditukarkan ialah pecahan Rp 5.000 dan kelipatannya. Jelas saja Kalian masih bisa menguangkannya lagi jika terdapat sisa pemakaian.

Walaupun cenderung mengutamakan konsep back to nature, tapi di Floating Market Lembang Kalian pun dapat merasakan sajian makanan modern khas dunia barat dan asia. Kalian dapat menjumpai hal ini di sebuah zona khusus yang diberi nama Rockpool.

Area Rockpool di Floating Market

Di Rockpool, Kalian bisa memesan hidangan istimewa, katakan saja seperti Steak, Pizza, dan Pasta. Di zona ini, Kalian dapat menyaksikan suatu taman miniatur kereta api dilengkapi keindahan panorama alam yang tersaji didalam skala 1:24.

Tidak hanya itu saja, Kalian pun bisa menikmati serunya wahana Flying Fox, ATV, atau sewa perahu bebek tuk berkeliling sambil menikmati keindahan panorama Danau Siti Umar.

Hotel di Floating Market Lembang

Beberapa hotel di kawasan Floating Market Lembang yang terkenal di kalangan penikmat travel, diantaranya ada Grand Hotel Lembang, atau Hotel Bumi Makmur Indah Lembang. Di samping itu, tetap ada aneka villa yang bisa Kalian sewa dengan harga yang bervariasi.

Kalian dapat mendapatkan hotel atau penginapan didekat Floating Market Lembang dengan online agar memastikan ketersediaan kamar.

Rute Perjalanan ke Floating Market

Jika Kalian naik sepeda motor dari Bandung menuju Floating Market Lembang, Kalian bisa mengambil arah pergi ke Setiabudi Bandung, kemudian dilanjutkan ke arah Terminal Ledeng dan ke Lembang hingga tiba ke Grand Hotel Lembang. Dari sana, Kalian cukup lurus ke depan dan memutar lewat Pasar Lembang. Menjelang tiba di Grand Hotel Lembang, Kalian akan menemukan lokasi Floating Market Lembang.

Apabila perjalanan naik mobil pribadi, jalur yang musti dilalui pun mirip seperti naik sepeda motor. Bedanya, Kalian harus pergi lebih pagi mengingat rute Lembang – Bandung sangat macet, khususnya menjelang siang hari. Adapun area rawan macet ada di beberapa titik, misalnya di kawasan Setiabudi dan Terminal Ledeng.

Tags: #anak seribu pulau wikipedia #paket pulau tidung dua hari satu malam #paket tour pulau pramuka murah #tour ke pulau tidung murah #travel ke pulau seribu jakarta #Travel Pulau Seribu

Leave a reply "Floating Market – Wisata Unik Lembang Bandung"

Author: