Gerhana Matahari Pun Jadi Wisata, Kira-Kira Alasannya Apa Ya?

336 views

Maret 2016 lalu di beberapa daerah Indonesia dilewati gerhana matahari total. Melihat fenomena ini pun boleh jadi momen liburan yang senantiasa terkenang dalam lubuk setiap orang yang melihatnya. Berlibur sambil melihat fenomena alam istimewa cuma bisa dilakukan di masa-masa tertentu saja, gerhana matahari total termasuk salah satu di Tanah Air. Jalurnya melintas dari daerah Bengkulu, Sumatera Selatan, melewati Bangka Belitung, lalu Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah hingga berakhir di Maluku Utara.

Agenda pariwisata yang sudah dipromosikan sejak lama oleh Kemenpar pastinya bakal menarik tidak sedikit wisman dan wisnus. Semuanya bakal bersama-sama menikmati pesona dari fenomena alam ini yang sudah direncakan oleh Sang Maha Kuasa. Ada alasan kenapa fenomena gernaha matahari sangat dinantikan dan menjadi satu wisata, jika anda penasaran alasan apa saja yang dipunya oleh setiap orang yang melihatnya yuk baca artikel ini hingga selesai supaya anda tidak penasaran.

Fenomena langka dan hanya di Indonesia

Gerhana matahari total tergolong fenomena langka yang tidak bisa dinikmati tiap hari . Di satu tempat, musti menunggu sampai puluhan tahun lebih dulu tuk bisa menikmati gerhana. Gerhana matahari total saat 9 Maret llau itu makin terasa istimewa lantaran hanya bisa dilihat di Indonesia sampai sekitar 3 menit lamanya. Traveler bisa jadi saksi semacam apa indahnya panorama gerhana matahari total tersebut tanpa harus jauh-jauh pergi ke luar negeri. Traveler dan pecinta fotografi pun tentunya bisa menikmati bersamaan hunting foto langka dari beragam momen adanya gerhana matahari total.

Sudut Lain Keindahan Mentari

Kalau normalnya saat traveling yang disaksikan ialah sunrise dan sunset, ketika gerhana pastinya ada keindahan lainnya yang bisa dinikmati. Saat matahari hampir tertutup seluruh raganya oleh bulan ini, maka wisatawan yang berada di jalur totalitas gerhana bisa melihat beraneka efek spesial semacam baily’s bead juga efek cincin berlian yang sangat mempesona.

Baily’s bead berbentuk semacam manik-manik ini bisa terlihat sepanjang 10-15 detik menjelang dan setelah gerhana total ada. Baily’s bead akan hilang secara perlahan saat bulan menutup seluruh permukaan rupa matahari. Lalu muncul gumpalan cahaya yang menyatu dengan korona alias mahkota matahari yang terlihat seperti cincin berlian. MasyaAllah!

Ketemu Ilmuwan

Ilmuwan dari luar negeri sebagaimana dari NASA, Korea serta Prancis datang ke Indonesia hanya tuk melakukan pengamatan gerhana matahari total ini. Siapa tahu nantinya traveler bisa bertemu mereka lalu sharing cerita mengenai gerhana yang mereka lihat bersama. Ilmuwan didalam negeri dari LAPAN juga bermunculan di berbagai lokasi acara yang melakukan riset serupa sat sedang melihat fenomena gerhana matahari sebagai wisata.

Tahu Wisata Unik Indonesia

Kalau pada umumnya banyak liburan ke kota Jakarta, Bandung maupun Yogyakarta, kini masanya jelajah area eksotis lainnya di kawasan barat dan timur. Contohnya di Manggar, Lubuklinggau, Jailolo, Ternate, Maba, Buli dan masih banyak lagi. Sembari menantikan kehadiran fenomena gerhana matahari total, traveler bisa mengeksplorasi berbagai objek pariwisata di daerah itu.

Tags: #Wisata Unik Indonesia

Leave a reply "Gerhana Matahari Pun Jadi Wisata, Kira-Kira Alasannya Apa Ya?"

Author: