Goa Gong Pacitan, Pesona Goa Terindah di Asia Tenggara

4069 views

Goa Gong Pacitan di Jatim merupakan salah satu obyek wisata di Pacitan yang tersohor dan menggenggam predikat dengan nama wisata goa terindah se-Asia Tenggara. Daya tarik Goa Gong Pacitan itu bersumber dari pemandangan indah stalagmit dan stalaktit yang bisa Kalian temui tatkala mengeksplor goa itu selama 2 jam.

Dari sisi geografis, Kabupaten Pacitan berada di wilayah barat daya dari Jatim, memiliki bentangan alam yang terhimpun dari pengunungan kapur yang tak terlalu subur tuk diproyeksikan lahan pertanian. Muatan hara yang dipunyai tanah di kawasan Pacitan ini tergolong sedikit, dengan begitu kriteria tanah di Pacitan terbilang  gersang. Kontur ketinggian tanah di wilayah Pacitan secara umum bahkan lebih membuka peluang wisata alam, satu diantaranya ialah Goa Gong Pacitan ini.

Goa Gong dari sisi administratif terletak di Dusun Pule, Kecamatan Punung, memiliki jarak 37 km ke arah barat dari sentral kota Pacitan. Obyek wisata goa di Jatim yang satu ini dihiasi oleh pegunungan, sebelah utara ialah gunung Manyar, sebelah selatan yaitu gunung Karang Pulut, sebelah timur ada Gunung Gede, dan sebelah barat merupakan gunung Grugah. Keempat gunung tadi sudah menjadi gunung non aktif.

Stalaktit dan Stalagmit Goa Gong di Pacitan

Goa Gong Pacitan kedalamannya sepanjang 256 m dan mempunyai stalagmit dan stalaktit berusia ratusan tahun. Goa itu muncul sebagai akibat dari penyebab aktivitas vulkanik dan gerakan panas bumi yang diprediksikan berlangsung ribuan tahun lalu.

Menurut kisah penduduk lokal, goa itu dinamakan sebagai Goa Gong ialah karena penduduk kerap mendengarkan terdapatnya suara gema tabuhan sebagaimana suara gong yang bersumber dari dalam goa. Gong merupakan satu dari sekian banyak alat tabuh didalam kesenian gamelan Jawa. Suara semacam gong dari dalam goa itu adalah hasil dari pantulan tetesan air dalam goa yang menerpa batuan stalaktit atau stalagmit goa itu. Bunyi yang diciptakan terdengar harmonis, bahkan bila Kalian ada di pintu masuk goa itu sudah terdengar suaranya.

Jika Kalian ingin meresapi pesona Goa Gong Pacitan yang memang kaya akan keelokan stalaktit dan stalagmit, Kalian bisa masuk ke dalamnya dengan bayar karcis masuk Goa Gong senilai Rp 5.000 per orang.

Pesona Goa Gong di Pacitan

Stalaktit dan stalagmit di Goa Gong Pacitan itu akan mendapati pertumbuhan bertambah panjang melewati proses alami yang disebabkan oleh reaksi oksidasi antara udara pada air. Biasanya pertumbuhan panjang dari stalaktit dan stalagmit di goa itu sekitar antara 0.2 sampai 0.14 mm per tahunnya.

Saat berkunjung ke Goa Gong Pacitan, Kalian akan dibawa menyusuri tangga dan melihat berbagai panorama goa Gong, shawl drappery, rekahan dari endapan kalsium, dan tetesan air di ujung-ujung goa yang menciptakan bagaikan danau kecil.

Pilar-pilar stalagmit berkembang menjulang tinggi dan tampak saling bertumpuk satu sama lain, memberikan panorama pahatan batuan yang hidup bersama dengan tetesan air yang tidak pernah kering. Kalian tak perlu risau akan gelap ketika menyusuri kedalamannya Goa Gong Pacitan ini sebab bagian-bagian goa sudah lengkap dengan lampu warna-warni yang ikut melengkapi keindahan didalam goa.

Tangga mengeksplor Goa Gong Pacitan

Ketika mengeksplor goa, Kalian sebaiknya setia berhati-hati lantaran genangan air yang menetes dari stalaktit memungkinkan lantai goa ini lumayan licin. Kalian mungkin akan mudah terpeleset bila tak berhati-hati melangkah.

Selesai penyusuran selesai dan Kalian keluar dari dalam goa, Kalian melihat jumlah pedagang yang menjual dagangan, mulai dari aneka kuliner, sampai souvenir foto goa dan lukisan wajah yang bisa Kalian bawa pulang sebagai oleh. Normalnya harga yang ditawarkan tuk souvenir ini hanya dari Rp 50.000 sampai Rp 150.000 per barang.

Pintu masuk Goa Gong

Jika Kalian ingin beli kaos atau souvenir lainnya, Kalian bisa menemukannya di stand-stand ke arah keluar Goa Gong Pacitan. Harga yang ditawarkan sangat variatif, secara umum terbilang terjangkau. Di Indonesia, keadaan wisata goa pun bisa Kalian temui di Goa Pindul Jogjakarta.

Hotel di Area Goa Gong Pacitan

Jika Kalian berencana ingin menginap, Kalian bisa mencari hotel berdekatan dengan Goa Gong Pacitan ini. Ada aneka jenis penginapan, misalnya hotel dan yang lainnya dengan fasilitas menarik.

Kalian boleh menghubungi pihak hotel di sana ataupun mendapatkan hotel di dekat Goa Gong dengan cara online.

Rute Perjalanan ke Goa Gong Pacitan

Kota Pacitan memiliki jarak sekitar 98 km dari kota Madiun. Bila Kalian memulai travel dari kota Jogja atau Solo, Kamu bisa menempuh rute travel via Solo > Ponorogo, lalu akan masuk Madiun, baru kemudian sampai di Pacitan. Dari Jogja ke Pacitan, lama perjalanan akan membutuhkan waktu 5 jam.

Jika Kalian memilih transportasi umum dan mengawali perjalanan ke Pacitan dari Surabaya, Kalian bisa naik bus patas yang akan menghantarkan Kalian ke Ponorogo, lalu transit ke bus yang akan mengantarkan Kalian ke Pacitan.

Tags: #agen travel pulau pramuka #jasa travel pulau tidung murah #paket wisata murah pulau seribu untuk 2 orang #pulau seribu lebaran 2016 #sejarah pulau seribu wikipedia #travel ke pulau tidung dari jakarta

Leave a reply "Goa Gong Pacitan, Pesona Goa Terindah di Asia Tenggara"

Author: