Goa Pindul – Wisata Permata Jogja

2092 views

Obyek wisata Goa Pindul Jogja merupakan satu dari sekian banyak obyek wisata yang tersohor dari Kabupaten Gunungkidul, terutama di golongan pecinta wisata goa. Goa itu sangat unik, datang secara murni oleh tahap-tahap alam yang menciptakan stalaktit dan stalagmit semenjak ratusan tahun di masa lalu. Daya tarik utamanya berada di aliran sungai bawah tanah yang ada di sepanjang goa. Berdasarkan sejumlah pihak, Goa Pindul di Jogja itu merupakan goa dengan stalakmit paling besar keempat di dunia

Terletak dari sisi administratif di Padukuhan Gelaran, Kabupaten Gunungkidul, Goa Pindul adalah salah satu dari sekian banyak obyek wisata Gunungkidul yang populer. Dari kota Jogjakarta, Kalian bisa tiba di goa ini dengan menempuh travel sejauh 61 km.

Goa Pindul Jogja mempunyai ukuran panjangnya sejauh 350 m dengan lebar hingga 4-6 m. Ada juga kedalaman air didalam goa itu mencapai 6-8 m, sementara jarak antar permukaan air dengan langit-langit goa sejauh 3-5 m. Air sungai yang mengalir di Goa Pindul tergolong bersih dan bening. Hal tersebut disebabkan sumber air sungai itu berasal dari mata air Gedong Tujuh.

Penyusuran Goa Pindul Jogja

Kisah obyek wisata Goa Pindul Jogja tersebut dapat dijelajahi melalui 2 versi cerita rakyat yang secara turun-temurun dikisahkan.

Kisah pertama mengkisahkan bahwa dulu kala ada sesosok pemuda yang bernama Joko Singlunglung yang tengah melakukan perjalanan tuk menemukan ayahnya. Perjalanan yang disusurinya sungguh berat dan sarat akan rintangan, melintasi hutan belantara, sungai deras, sampai goa yang gelap gulita. Suatu saat didalam perjalanannya menelusuri beberapa goa, kepala Joko Singlulung terbentur suatu batu besar yang terdapat didalam sebuah goa. Goa itulah yang sampai sekarang dinamakan sebagai Goa Pindul. Pindul didalam Bahasa Jawa, mempunyai arti pipi gebendul alias pipi yang terbentur.

Sedangkan versi kedua, mengisahkan perjalanan Ki Ageng Pemanahan dan Ki Juru Mertani yang disuruh oleh Panembahan Senopati dari Mataram tuk membunuh buah cinta putri Panembahan Senopati, yakni Mangir Wonoboyo dari Bantul atau Mangir. Tetapi, mereka berdua tak tega merampas nyawa bayi tersebut dan berangkat ke arah timur ke Gunungkidul, sampai tiba di daerah Karangmojo.

Setibanya di Karangmojo, mereka menggelar tikar. Tapi, si bayi menangis terus sampai akhirnya salah satu dari mereka berencana untuk memandikannya. Ki Juru Mertani menaiki atas bukit, kemudian menginjak bukit itu dengan kesaktiannya yang mengakibatkan terbentuknya lubang gede dan didalamnya ada aliran air. Bayi tersebut akhirnya dibawa turun tuk dimandikan. Tanpa disadari, pipi sang bayi terbentur batu. Oleh karena itu, tempat itu dinamakan menjadi Goa Pindul.

Pesona Goa Pindul Jogja

Wisata alam Goa Pindul Jogja menonjolkan Kalian kegiatan yang tersohor dengan istilah “cave tubing” yang berdurasi sepanjang 45 menit sampai 59 menit. Cave Tubing itu adalah aktivitas menyusuri goa sepanjang 350 m dengan naik ban pelampung, memakai jaket dan sepatu yang sudah disediakan pengelola, dan memiliki tujuan tuk mengeksplorasi pesona goa yang mengandung aliran sungai bawah tanah itu.

Persiapan cave tubing di Pindul

Di sepanjang penyusuran goa, tour guide lazimnya memberi Kalian informasi mengenai 3 area yang berada didalam Goa Pindul, yakni area terang, area remang, dan area gelap abadi. Itu adalah suatu pengalaman wisata goa yang sungguh unik sekali.

Goa Pindul Jogja merupakan bagian dari Panca Wisata yang dilestarikan oleh Desa Bejiharjo di Kabupaten Gunungkidul. Di tahun 2012, Desa Bejiharjo memperoleh predikat Desa Wisata Terindah Nasional dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif biasa disingkat Kemenparekraf. Hal itu berdampak secara besar terhadap reputasi sejumlah landmark istimewa di desa tersebut.

Area terang Goa Pindul Jogja

Disamping Goa Pindul, Kalian juga dapat meresapi sungai Banyumoto yang dijadikan sebagai kelanjutan dari Goa Pindul dan Kali Oyo yang berada di sisi utara Goa Pindul.

Kali Oyo di Goa Pindul

Jika Kalian tertarik menjelajah Goa Pindul, ada Paket Cave Tubing Pindul yang disediakan dengan harga terjangkau. Tapi, mungkin harga ini akan tidak sama antara di weekdays dan weekend. Secara general, paket cave tubing itu berkisar dari Rp 25.000 hingga Rp 35.000 per orang. Fasilitas yang Kalian terima mencakup, tour guide, ban karet, boot, pelampung, dan head lamp.

Finish tubing Goa Pindul Jogja

Satu dari sekian banyak aktivitas wisata goa dengan keindahan stalaktit dan stalagmit yang eksotis juga bisa Kalian temui di Goa Gong Pacitan.

Hotel di Goa Pindul Jogja

Homestay berbentuk hotel tidak jauh dari Goa Pindul Jogja barangkali takkan Kalian temukan, tetapi terdapat tidak sedikit guesthouse yang bisa Kalian pilih jika ingin bermalam. Beberapa diantaranya, seperti Kampoeng Baron Guesthouse dan Orlinds Loji Guesthouse. Kalian bisa menghubungi pihak pengelola disana atau mendapatkan penginapan secara online.

Rute Perjalanan ke Goa Pindul Jogja

Perjalanan menuju ke Goa Pindul Jogja tergolong mudah, ada banyak papan penunjuk jalan yang pasti mengarahkan Kalian tuk dapat tiba di Goa Pindul. Kalian bisa memilih tuk menggunakan kendaraan pribadi atau naik angkutan umum.

Jika Kalian naik kendaraan pribadi, maka dari Jogja ke Goa Pindul bisa ditempuh lewat rute dari Jogjakarta lalu ke Hutan Bunder. Dari Hutan Bunder perjalanan dilanjutkan ke beberapa pertigaan dan perempatan. Bisa kalian lihat di GPS atau Maps, zaman sekarang kan sudah modern hehe.

Sedangkan jika Kalian naik transportasi umum, perjalanan bisa saja akan sedikit lebih sulit lantaran angkutan umum menuju ke Goa Pindul amat terbatas. Dari Jogjakarta, Kalian dapat ambil bus rute Jogja – Wonosari, kemudian turun di Wonosari kota ataupun pertigaan Grogol. Lalu lanjutkan perjalanan dengan naik ojek ke Desa Bejiharjo, harga sekitar Rp 10.000 sampai Rp 20.000.

Tags: #agen wisata pulau tidung dari bandung #biaya diving di pulau seribu #one day tour pulau seribu 2016 #paket diving murah di pulau seribu #paket one day tour pulau seribu murah #paket pulau seribu pulang pergi #paket wisata pulau seribu 1 hari #paket wisata pulau tidung murah #pulau seribu 1 day tour #pulau seribu 1 day trip #pulau seribu indonesia

Leave a reply "Goa Pindul – Wisata Permata Jogja"

Author: