Goa Selarong – Wisata Religi Jogja

1696 views

Goa Selarong merupakan sebuah obyek wisata goa di Jogja yang layak dikunjungi, apalagi bila Kalian adalah pecinta wisata goa. Obyek wisata di Jogja ini diketahui juga sebagai satu dari sekian banyak obyek wisata religius di Jogjakarta. Banyak wisatawan datang ke Goa Selarong tuk melakukan meditasi dan bermacam-macam jenis ritual lainnya.

Goa Selarong ialah tempat dimana kerja keras Pangeran Diponegoro di pusatkan, yang jadi markas gerilya didalam peperangan melawan kolonial Belanda. Oleh lantaran itu, Goa Selarong sebagai salah satu obyek wisata di Jogja yang unik untuk di kunjungi.

Bagi beberapa orang, goa itu masih mengandung nilai mistik dan menyimpan misteri. Itulah sebabnya kenapa Goa Selarong jadi sebuah obyek yang erat hubungannya dengan sesuatu religius.

Sebuah obyek wisata Jogja ini pun memiliki event tahunan yang diketahui sebagai Grebeg Goa Selarong. Event ini ialah untuk mengingat hijrahnya Pangeran Diponegoro ke Goa Selarong. Masa hijrah Pangeran Diponegoro itu juga sudah dijadikan menjadi memperingati hari jadi Kabupaten Bantul.

Gerbang Wisata Goa Selarong

Pangeran Diponegoro ialah putra sulung dari Sultan Hamengkubowono III. Uniknya, Pangeran Diponegoro tak memiliki ambisi tuk menjadi seorang raja. Sang Pangeran lebih menyukai untuk hidup bersama-sama rakyat dan menetap di Desa Tegal Rejo.

Didalam fase perjuangannya menghadapi kolonial Belanda, suatu saat pada saat tanggal 20 Juli tahun 1825, Pangeran Diponegoro dan pengikutnya dikepung kolonial Belanda di Desa Tegal Rejo. Pengepungan itu tak berbuah penangkapan sang pangeran lantaran Pangeran Diponegoro bersama dengan para pengikutnya bersembunyi ke Goa Selarong. Tempat tersebutlah yang kemudian jadi pusat kerja keras gerilya menghadapi penjajah.

Untuk bisa menikmati wisata di Goa Selarong, Kalian bisa membayar karcis masuk senilai Rp 2.000 per orang. Bila membawa alat transportasi, maka Kalian juga harus bayar tarif parkir. Fasilitas publik yang disediakan di obyek wisata Goa Selarong diantaranya ialah toilet umum, lokasi ibadah, arena bermain, gardu pandang, pendopo tuk beristirahat, dan bisa dijadikan menjadi bumi perkemahan jika Kalian suka. Memang, ada tidak sedikit obyek wisata di Jogja yang sudah memiliki fasilitas publik yang efektif.

Dari sisi geografis, Goa Selarong terletak didalam wilayah Dusun Kembang Putihan, Kecamatan Pajangan, Yogyakarta. Posisi obyek wisata goa Jogja ini terdapat di arah sisi selatan Kota Yogyakarta, memiliki jarak 30 km dari sentral kota. Jika Kalian menumpang jalur darat, maka akan membutuhkan waktu kira-kira 45 menit tuk tiba di lokasi Goa Selarong.

Tuk dapat sampai di mulut Goa Selarong, Kalian harus menaiki anak tangga curam dengan kemiringan sampai 45 derajat. Begitu sampai di puncak tangga, ada 2 goa kecil di sebelah kiri dan kanan tangga. Sebelah kanan tangga diberi nama Goa Putri. Goa itu dulu ialah tempat istirahat Raden Ayu Ratnaningsih, istri sang Pangeran Diponegoro.

Di sisi kiri tangga ialah goa yang dinamai Goa Kakung. Goa tersebut merupakan tempat rehat Pangeran Diponegoro. 2 goa ini ukurannya kecil, dengan tinggi dan kedalamannya kira-kira 2 m.

Goa Putri lebih lebar dari Goa Kakung, yakni kira-kira 3 m dan Goa Kakung sekedar memiliki lebar sekitar 2 m. Dari teras goa ini, Kalian bisa melihat keadaan sekitar dan air terjun yang terletak tidak jauh dari Goa Selarong.

Anak tangga menuju Goa Selarong

Kompleks Goa Selarong bisa terbilang angker sebab di malam-malam tertentu misalnya malam Jumat Kliwon dan malam Selasa Kliwon, kadang-kadang dari dalam perut Goa Selarong berkumandang lantunan gending Jawa yang tengah ditabuh. Suara terdengar, namun tak ada penampakan apa-apa. Di goa itu, seorang pengunjung tak diperbolehkan melakukan pesugihan dan bahkan meminta nomor togel. Itu merupakan pantangan yang harus dipenuhi oleh wisatawan. Bila dilanggar, maka bencana pasti menimpa yang bersangkutan.

Sendang Manik Maya

Pesona wisata goa ini pun ada di sumber air yang disebut jadi Sendang Manik Maya. Tuk sampai di sumber air tersebut, Kalian harus melintasi jembatan kecil di atas kali yang dijadikan sebagai tempat mengalirnya aliran air terjun ketika hujan.

Lanjut dengan jalan kaki melintasi jalan setapak kira-kira 99 m. Sendang Manik Maya itu dipercaya sebagai sumber mata air abadi yang dulunya digunakan oleh sang Pangeran Diponegoro dan pengikutnya tuk mandi dan bersuci. Tidak jauh dari Sendang Manik Maya ada juga suatu sumber mata air yang lain yang diberi nama Sendang Umbul Mulya. Sendang tersebut merupakan mata air tuk mencuci dan memasak.

Tags: #ke pulau tidung tanpa travel agent #paket sehari pulau pramuka #pulau seribu tripadvisor #travel jakarta pulau seribu #trip pulau bidadari murah #wisata ke pulau seribu murah #wisata pulau seribu murah 2016

Leave a reply "Goa Selarong – Wisata Religi Jogja"

Author: