Melihat Surga Tersembunyi, Pulau Perak

275 views

Tidak disangka, cuma 2 jam perjalanan dari kota Jakarta, ada satu pulau cantik, pada pantai-pantai memiliki pasir putih serta terumbu karang yang tampak jelas dilihat dari permukaan yang sangat jernih. Ini bukanlah hoax! Pulau yang berjuluk “Hidden Paradise in Jakarta” memang tergelar, Pulau Perak namanya. Keindahan pantai serta dunia underwater boleh disandingkan pada Karimunjawa, Pulau Weh ataupun Pulau Menjangan yang ada di Bali. Ya, Pulau Perak merupakan satu dari banyak pulau eksotis di gugusan Kepulauan Seribu, berdekatan Jakarta. Sebab dekat dengan Pulau Harapan, umumnya kunjungan menuju Pulau Perak dikemas didalam sebuah paket tour Pulau Harapan yang banyak sekali ditawarkan agen travel.

Selain punya pemandangan indah, Pulau Perak pun mempunyai keunikan tersendiri. Keunikan itu berupa hamparan pasir putih nan halus juga empuk saat diinjak. Kamu bisa mendapati sensasi tidur-tiduran diatas pasir yang empuk bagaikan kasur. Pulau Perak emang sepi lalu keberadaannya masih belum begitu banyak dikenal orang. Tapi disanalah asyiknya. Kamu dapat rekreasi layaknya di pulau pribadi, merasakan lembutnya pasir, bermain-main ombak juga snorkeling seharian.

Akomodasi di Pulau Perak terbilang minim. Cuma ada satu family penjaga pulau yang mendiaminya, dan mereka buka warung minimalis di pondoknya. Meski begitu, mereka amat ramah pada pengunjung lho! Ketika datang ke Pulau Perak, kamu bakal merasa seolah-olah kembali kepada alam yang pure, dengan sikap ramah sederhana yang rasanya manis. Di pulau itu belum terdapat homestay buat menginap, jadi bila kamu ingin buang-buang waktu berlama-lama ataupun menginap, kamu harus mendirikan tenda. Sarana wisata umum juga belum begitu memadai, semisal toilet umum yang dibikin ala kadarnya. Untuk kamu yang mau lebih nyaman, sebaiknya bermalam atau bilas di pulau-pulau sekelilingnya, semisal Pulau Harapan.

Tapi abaikan saja seluruh ketidaknyamaman itu, sebab kamu pasti bertualang menikmati cantiknya paradise di Teluk Jakarta! Kenapa tidak mengeksplorasi Pulau Perak sembari memanjakan mata pada pemandangan pantainya? Dalam 30 menit, kamu pasti terpukau berkali-kali sebab pantai yang sebagus Maldives. Ombaknya tidak bergelombang dan air berwarna turqoise jernih bagai kaca. Ikan serta terumbu karang tampak dari permukaan, mengundang kamu buat segera snorkeling. Menurut pemeriksaan kami, setiap sudut Pulau Perak indah. Cuma dikedalaman 20 cm, ikan-ikan berkumpul. Terumbu karangnya pun cukup sehat dan dihuni beragam ikan penghuni koral. Seluruhnya menciptakan perpaduan warna manis. Pokoknya, jangan ketinggalan kamera underwater ya!

Tapi disayangkan, seperti yang kerap menimpa pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu, sampah banyak, misalnya botol dan minuman, berserakan. Melihatnya betul-betul membuat sedih hati, mengapa pulau secantik itu musti kotor oleh tangan-tangan yang tak bertanggung jawab. Semestinya semua orang yang datang tuk mengagumi keindahan Pulau Perak menyadari juga ikut jaga keindahan tadi, bukan? Setuju tak? Buat kamu yang berminat ke Pulau Perak, ikut pertahankan kelestarian alamnya yuk! Buang sampah di tempatnya. Tenang, ada tempat sampah di dekat pondok penjaga atau membawa plastik sampah untuk yang mau berkemah.

Cara Menuju Pulau Perak

Belum tersedia kapal reguler yang spesial ke Pulau Perak. Tidak cuma sewa kapal, kamu boleh naik kapal reguler dari pelabuhan Muara Angke ataupun Marina dengan destinasi Pulau Harapan, Pulau Pelangi, Pulau Kelapa, atau Pulau Sepa. Seluruh pulau-pulau ini berdekatan. Dari satu dari banyak pulau tersebut, kamu dapat sewa kapal kembali tuk island hopping. Disamping Pulau Perak, banyak sekali pulau-pulau tidak berpenghuni lainnya yang berkesempatan dijadikan area snorkeling. Untuk yang punya rencana camping, direkomendasikan “berlabuh” di Pulau Harapan. Ketika tiba di Pulau Harapan, kamu boleh sewa kapal keliling pulau, semisal Pulau Kayu Angin, Pulau Gosong, Pulau Macan Gundul, baru diantar menuju Pulau Perak. Sewa kapalnya 500 sampai 800 ribu, bergantung kapasitasnya. Setelah kamu sampai di Pulau Perak, umumnya kapal bakal pulang lagi ke Pulau Harapan, dan kamu segera dijemput esoknya.

Alternatif lainnya, kamu bisa sewa speedboat yang beroprasi dari Pelabuhan Marina Ancol. Kapasitas tiap-tiap speedboat beda, ada yang dapat menampung 8 orang, terdapat kapasitas 14 orang. Speedboat AC kapasitas 14 orang dibandrol harga sewa 4,2 juta dalam sehari. Jika tidak mau repot, bisa pula memakai jasa travel agent secara membeli paket pariwisata yang telah meliputi trip menuju Pulau Perak. Dengan beli paket, kamu gak perlu pusing perkara kapal, menginap di mana, dan makan apa. Semuanya sudah dipersiapkan operator.

Tips Berlibur ke Pulau Perak

Apabila inginkan camping, jangan tidak ingat bawa stok makanan dan minuman yang memadai. Ingat, fasilitas Pulau Perak masih sedikit. Boleh pula beli ikan segar yang ada di Muara Angke tuk dibakar saat acara api unggun. Seru bukan? Kamu bisa beli air galon dari Pulau Harapan tuk mandi dan minum di Pulau Perak. Buat snorkeling, bisa sewa peralatannya di Pulau Harapan dengan harga Rp 35.000 per-set ataupun membawa sendiri. Paling cocok pergi di musim kemarau guna menghindari hujan juga badai. Disamping itu, snorkeling sehabis hujan takkan maksimal sebab air akan jadi sedikit keruh.

Tags: #Pulau Perak

Leave a reply "Melihat Surga Tersembunyi, Pulau Perak"

Author: